Friday, March 1, 2013

Pembangkit Listrik Dari Kertas

Pembangkit Listrik Dari Kertas - Ilmuwan di Osaka University mengembangkan teknologi solar panel berbahan dasar kertas untuk dapat menghasilkan listrik. Diklaim sangat efisien dan ramah lingkungan, inovasi ini mengandalkan material dari pulp kayu (bubur kertas).

Dilansir Theregister, oleh Warta Berita Terbaru, peneliti mengatakan bahwa pembangkit listrik ini jauh lebih ringan, lebih fleksibel ketimbang pengumpul energi solar tradisional. Kertas surya inovatif ini juga memiliki komponen dasar berupa serat selulosa transparan dengan tebal 15 nanometer, yang dihasilkan dari bubur kayu dan film tipis dari jaringan kabel perak.

Rata-rata efisiensi konversi energi yang dihasilkan sekira tiga persen. Namun, dibandingkan panel surya yang diletakkan di atap rumah, penghasil listrik ini masih lebih rendah dari 10 - 20 persen.

Laboratorium Cellulose Nanofiber Materials di Osaka University mengomersialkan desain sebagai alternatif untuk panel surya tradisional dalam tiga tahun ke depan. Tim mengklaim produk berbasis selulosa dapat dibuang dengan cara yang ramah lingkungan. Hmhmh menarik memang pembangkit listrik dari kertas ini

RocketNews24 melaporkan, raksasa produsen elektronik Sharp baru-baru ini mengumumkan panel surya semi-transparan. Ini bisa mengganti jendela kaca di rumah dan kantor.

Sharp mengatakan, mikrokristalin sel silikon yang ada di antara dua panel kaca-serat, mampu menghasilkan hingga 95W energi listrik. Baca juga persaingan Angry Birds dengan Game Toy Story

0 comments:

Post a Comment

Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Copyright © 2013. Warta Berita Terbaru - All Rights Reserved
In Collaboration With Edit Text | Edit Text | Edit Text
Supported Edit Text | Powered by Blogger