Tuesday, February 5, 2013

Seputar Kesehatan Rambut

Seputar Kesehatan Rambut - Rambut adalah mahkota perempuan. Tak heran, begitu rambut bermasalah, kita pasti langsung pusing tujuh keliling. Sebetulnya, apa saja, sih, gangguan yang sering muncul? Dan bagaimana cara merawat rambut agar indah dan sehat? Simak ulasan Warta Berita Terbaru tentang tips berikut ini.


RAMBUT RONTOK 
Data menyebutkan, selain masalah ketombe, rambut rontok adalah masalah rambut yang paling kerap dikeluhkan perempuan dewasa. Penyebab rambut rontok bervariasi, bisa karena faktor internal, bisa pula karena faktor eksernal. Penyebab internal misalnya karena faktor hormonal dan faktor otoimun. "Contohnya, rambut rontok pada ibu-ibu yang habis melahirkan. Ini karena faktor hormonal," jelas dr. Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK dari FKUI-RSCM.

Selain itu, faktor internal juga bisa karena penyakit seperti infeksi oleh jamur, tifus, kanker, dan alopesia. "Alopesia adalah kebiasaan mencabut rambut tanpa disadari," terang Tina.

Sementara, faktor eksternal rontoknya rambut seperti akibat polusi, sinar matahari, bahan kimia pelurus atau pengkriting rambut serta penggunaan hairdryer dan sisir yang salah. "Perawatan yang tidak benar dan kelainan pada kulit kepala juga merupakan penyebab lain rontoknya rambut," ujar Tina.

ANTI KETOMBE 
Masalah lain yang juga sering dikeluhkan adalah ketombe. "Tandanya, pada kulit kepala muncul sisik tebal. Ini biasanya akan menyebabkan kerontokan rambut juga," jelas Tina.

Cara mengatasi ketombe dilihat dari penyebabnya. Apakah karena faktor internal atau eksternal. Jika karena faktor internal maka lebih sulit pengobatannya karena harus dicari dasar penyebabnya. "Sementara jika karena eksternal, kita obati dulu kulit kepalanya," lanjut Tina. Misalnya dengan mengolesi obat antiseboroik/antiketombe. Setelah ketombe sembuh, baru diberikan obat untuk menyuburkan atau menguatkan akar rambut," kata Tina.

Selain itu, sebaiknya gunakan sampo antiketombe 2-3 kali seminggu. Yang jelas, begitu rambut terasa gatal terus menerus atau rontok terus-menerus, sebaiknya segera menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan.Demikian sedikit ulasan seputar kesehatan rambut yang semoga saja bisa bermanfaat buat anda.

0 comments:

Post a Comment

Sitemap | Disclaimer | Privacy Policy | Contact Us
Copyright © 2013. Warta Berita Terbaru - All Rights Reserved
In Collaboration With Edit Text | Edit Text | Edit Text
Supported Edit Text | Powered by Blogger